Monday 19 September 2011

ALGORITMA dan PEMROGRAMAN

by Unknown  |  in Tips dan Trik at  01:01

Pengertian Algoritma

            Sebelum membuat program dengan pascal, ada baiknya kita mengetahui apa itu algoritma dan apa itu program. Algoritma adalah awal dari proses pembuatan program yang menjabarkan langkah-langkah program dengan bahasa yang di mengerti oleh manusia. Algoritma sangat berguna untuk mencatat ide-ide atau langkah-langkah yang akan dipakai dalam pembuatan program sehingga saat menulis program kita sudah memiliki gambaran tentang apa yang akan kita buat dan bukan sekedar coba-coba atau perkiraan.
Algoritma:
1. Pada tahun 1986 algoritma lebih ditekankan kepada computer algorithm 
2. Pada tahun 1996 algoritma dikembalikan kepada pengertian awal yang berasal dari kata “algorithmic”
3. Algorithmic à berasal dari nama orang yaitu Al Kwaritzmi (870) yaitu orang yang merancang procedure/metode untuk menyelesaikan masalah.
Algoritma adalah:
Himpunan berhingga langkah-langkah atau urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah (ad. Algoritma computer  untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan computer), dengan criteria:
1.      Setiap langkah harus definite (tertentu/pasti)
Contoh definite dan non definite:
       Tambahkan nilai X dengan 1 atau 2
X = X + (1 or 2)  non definite. Tambahkan dengan 1 atau 2 tanpa criteria atau syarat yang pasti, mau ditambahkan 1 atau ditambahkan 2.
       Tambahkan nilai X dengan 1 atau 2 agar menjadi definite 
       maka:
(1 or 2) diubah menjadi random(2). Random yaitu nilai acak yang dihasilkan dari bilangan tertentu saat program mengeksekusi perintah random tersebut. Random(2) akan menghasilkan 0 atau 1 tergantung pada hasil proses pengacakan.
Jadi penulisannya yaitu:
X = X + (Random(2)+1) à ditambahkan 1 agar penambahan menjadi 1 atau 2.
Dengan penambahan yang pasti maka algoritma akan menghasilkan suatu output.
2.      Minimum memiliki satu buah output (tidak boleh tidak ada output/hasil proses). Boleh tidak ada input atau masukkan.
3.      Harus ada stopping criteria (pada suatu langkah algoritma harus dapat berhenti)
Contoh algoritma yang tidak berhenti:
                  Xß0
                  Repeat
                              Write(x)
                              X ß X+2
                  Until X = 15
Perhatikan statement X = 15, karena penambahan nilai X adalah 2 sehingga akan menghasilkan bilangan genap, maka X = 15 tidak akan pernah terpenuhi, sehingga proses perulangan diatas akan selalu berjalan dan tidak berhenti.
Algoritma yang benar:
                  Xß0
                  Repeat
                              Write(x)
                              X ß X+2
                  Until X >=15
Syarat algoritma yang benar yaitu:
1.      Algoritma harus dapat menghentikan proses dalam waktu yang terbatas
2.      Harus ada output
3.      Bleh tidak ada input
4.      Efisien

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.