Monday 30 January 2012

Waspada, Email dari Mark Zuckerberg & iPad 3 Gratisan

by Unknown  |  in Virus at  23:26

Bagaimana kira-kira perasaan Anda jika mendapat email dari pendiri Facebook Mark Zuckerberg? Sebagian besar pasti bakal campur aduk, kaget dan seakan menyangsikannya. Ya, memang seperti itulah seharusnya. Anda jangan sampai tertipu!

Sebab, perusahaan keamanan Symantec telah mendeteksi adanya aksi penjahat cyber yang mendompleng nama Mark Zuckerberg dan kehebohan soal iPad 3. Dimana aksi yang dilakukan pelaku adalah menyebar email ke banyak pengguna dengan harapan dapat menipu orang-orang yang tidak waspada.

Modus yang dijalankan pelaku pertama-tama adalah dengan memperkenalkan diri sebagai Mark Zuckerberg, CEO dan pendiri Facebook. Email tersebut mengaku-ngaku bahwa Facebook telah bekerja sama dengan Apple untuk mempromosikan dan membagi-bagikan iPad 3 secara gratis.

Hal ini tentu saja informasi palsu, namun ia berusaha untuk menarik calon korban dengan menyatakan bagaimana mereka telah secara random terpilih dari database Facebook.

Menurut Symantec, pengguna mungkin dapat tertipu dengan tipu muslihat ini jika mereka menerima email ini di alamat email yang mereka gunakan untuk mendaftar di Facebook.

Pengguna kemudian diminta untuk mengklik sebuah link dan mengisi sebuah survei sehingga scammer (penipu) mendapatkan informasi pribadi yang berharga dan memastikan bahwa alamat email adalah benar -- satu hal yang dapat mereka manfaatkan untuk mengirimkan lebih banyak spam di masa yang akan datang.

"Click fraud mungkin juga berperan di sini, di mana scammer mendapatkan uang setiap kali pengguna mengklik link survei," tukas Symantec.

"Untungnya, sangat mudah untuk mengetahui sebuah email penipuan karena buruknya tata bahasa yang digunakan. Jika Anda merasa bahwa email yang Anda terima dari Facebook adalah scam, Anda dapat melaporkannya kepada mereka," lanjutnya.


Berikut email dari Mark Zuckerberg gadungan tersebut.


0 comments:

Proudly Powered by Blogger.