Tuesday 30 October 2012

[Review] Sony Xperia Ray - the Ray of Light

by Unknown  |  in Techno at  01:43

Beberapa hari ini saya menggunakan sebuah ponsel android keluaran sony bernama Xperia Ray. Ponsel yang memiliki body tipis dan menarik ini dibanderol di atas harga 2 jutaan. Lalu bagaimanakah performa ponsel ini?? Layakkah untuk dimiliki??
DESIGN YANG MENAWAN
Di luar masalah selera, Sony Xperia Ray ini design dengan tampilan body dan casing yang sangat menarik. Bodi ponsel ini juga cukup tipis, tetapi tidak seperti sebagian besar ponsel tipis lainnya, Sony Xperia Ray cukup kokoh dan nyaman digenggam. Pada sisi depan ponsel di penuhi dengan layar yang berbentuk memanjang atau disebut widesceen dengan ratio 16:9. Bentuk layar ini makin membuat ponsel ini terlihat unik dan berbeda dengan ponsel lainnya yang rata-rata menggunakan layar dengan ratio 4:3. Pada sisi bawah kalian akan mendapatkan dua tombol haptic yang berfungsi sebagai tombol kembali dan menu serta sebuah tombol fisik sebagai tombol home/rumah. Saya pribadi kurang menyukai tombol home di Sony Xperia Ray ini, terasa kurang nyaman digunakan.
Sisi belakang kalian akan menemukan kamera beresolusi 8.1 Megapixels, photo light, lubang speaker dan logo Xperia. Baik sisi depan dan belakang terasa cukup minimalis. Ponsel yang saya dapatkan kebetulan berwarna hitam pada sisi depan dan putih pada sisi belakang. Kemudian dibagian sampingnya terdapat list berwarna silver. Walaupun terdengar anehnya. tetapi Sony cukup sukses membuat paduan warna ini menjadi sangat menarik untuk dilihat di Sony Xperia Ray.
Layar ponsel Sony Xperia Ray dibuat dengan bahan anti gores. Walaupun tidak sekuat corning gorilla glass, tetapi sangat membantu untuk menghindarkan layar dari goresan-goresan karena penggunaan sehari-hari. Casing belakangnya sendiri sangat rawan dari goresan, khusus Xperia Ray berwarna putih seperti yang saya miliki, bahan belakangnya dibuat dari bahan glossy yang sangat rawan dari goresan halus. Saya sendiri menggunakan capdase/soft jacket transparan untuk melindungi ponsel cantik ini.
THE EXMOR R Sony 8.1 MEGAPIXELS CAMERA
Sony Xperia Ray ini dipersenjatai dengan kamera beresolusi 8.1 megapixels yang menggunakan sensor Exmor R milik Sony. Sensor ini diklaim membantu foto menjadi lebih terang di tempat yang bercahaya minim. Pada prakteknya yang saya lakukan, sensor ini cukup membantu memberikan brighness dan kontras pada tempat yang minim cahaya tetapi bukan pada tempat yang tidak ada cahaya sama sekali.
Saya melakukan uji coba di dalam sebuah ruangan dengan ponsel merk lain dengan kamera 5 megapixels. Pada viewfinder kamera tersebut, foto terlihat gelap karena sensor kamera ponsel sangat lemah di tempat yang kekurangan cahaya. Saat saya menggunakan Sony Xperia Ray, terlihat dengan jelas perbedaannya dimana gambar pada viewfinder terlihat lebih terang. Sony Xperia Ray sendiri bukanlah ponsel kamera terbaik, apalagi jika disandingkan dengan saudaranya Sony Xperia Arc, tetapi yang akan saya katakan adalah Sony Xperia Ray adalah ponsel dengan kamera terbaik di segmen harganya (harganya tidak lebih dari 2.5 juta rupiah). Salah satu sisi terbaik kamera Xperia Ray adalah kemampuan autofokus dan autoscene nya otomatis dan berfungsi dengan cukup cepat. Pengambilan gambar dan penyimpanan juga cukup cepat walaupun dengan resolusi maksimal 8.1 megapixels.
Fitur autofocus dan autoscene ini tentunya sangat membantu pengguna pemula yang tentu saja cukup awam di dunia fotografi. Dengan autoscene, Sony Xperia Ray dengan pintar memilihkan pengaturan terbaik untuk kondisi foto kalian, baik itu foto makro, potrait, panorama dan lain-lain. Untuk foto di tempat gelap, kalian akan dibantu dengan photolight yang tersedia di bagian belakang Xperia Ray. Sayangnya lampu ini bukan flash dan tidak bekerja secara otomatis. Jadi kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu di pengaturan kamera Sony Xperia Ray.
Kamera Sony Xperia Ray juga tidak hanya bisa menangkap gambar tetapi juga bisa merekam video dengan kualitas 720p High Definition. Pada beberapa situs development Android, terdapat juga penambahan fitur kamera Sony Xperia Ray, misalkan update gambar agar terlihat lebih detail dan natural. Ada juga update pada sisi video untuk menghasilkan video berkualitas HD 14 Mbps.
LAYAR YANG MENAWAN
Sony Xperia Ray memiliki bentang layar 3.3" dengan ketajaman 297 ppi. Bahkan beberapa ponsel dengan harga lebih mahal seperti Samsung Galaxy W dan Sony Xperia Arc S pun memiliki ketajaman ppi di bawah Sony Xperia Ray. Ketajaman yang tinggi tentu membuat visual di ponsel terlihat lebih teduh di mata. Mulai dari saat kita menikmati foto, video ataupun berselancar di internet dan saat membuka dokumen. Ketajaman ini makin lengkap dengan adanya fitur Sony Bravia yang memberikan pengalaman visual menjadi lebih nyata dan natural. Design layar yang memanjang juga memberikan kenyamanan tersendiri dalam mengambil foto jenis panorama. Layar yang panjang juga memberikan visual yang lebih baik saat membaca sms dan chat.
SISI AUDIO YANG TETAP DIJAGA DENGAN BAIK
Sebagai sebuah ponsel kamera, Sony ternyata tidak melupakan sisi audio Xperia Ray. Terbukti dengan adanya fitur Sony xLoud yang memberikan pengalaman audio lebih baik. Kemampuan di sisi speaker bisa dikatakan standar, tidak sekencang ponsel musik walkman Sony, tetapi audio pada sisi keluaran jack 3.5mm nya sangat baik didengarkan di telinga. Menggunakan ear/headphone musik di Xperia Ray cukup membuat saya merasa nyaman da menikmati setiap dentuman bass dan vokal musik yang saya dengarkan. Apalagi jika sisi audio diupdate menggunakan tweak seperti Dolby Mobile, Acid Audio, DSP atau sejenisnya.
PERFORMA SANG RAY OF LIGHT
Sony Xperia Ray dipersenjatai dengan prosesor snapdragon 1 Ghz yang tentu saja cukup powerfull. Sisi multimedianya diperkuat dengan andreno GPU 205 dan RAM sebesar 512 MB. Penyimpanan internal sebesar 1 GB shared dan eksternal max 32 GB. Pada sisi konektifitas, tidak ada yang perlu kalian khawatirkan. Bluetooth v2.1, wifi, GPS, USB v2.0 dan internet kecepatan tinggi HSDPA tentu membuat ini cukup lengkap untuk kalian gunakan di mana saja. Semua performa Xperia Ray di backup denga baterai berkapasitas 1500 mah. Hanya saja di saat pengoperasiannya, Sony Xperia Ray terasa cukup panas terutama saat menggunakan jaringan hsdpa dan bermain game HD.
SONY XPERIA RAY adalah sebuah ponsel yang cukup lengkap dari sisi harga yang ditawarkan. Layar dengan ketajaman 300 ppi dan kamera 8.1 Megapixels adalah fitur-fitur yang hanya bisa kalian temukan di ponsel dengan harga di atas 3 juta tentunya.

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.