Friday 3 August 2012

Autotext di Android: Cara Mengetik ala Blackberry

by Unknown  |  in Tips dan Trik at  00:18

Di penghujung bulan September ini, saya akan membagikan tips cara mengetik tulisan alay di hp Android, seperti yang dilakukan oleh alayer-alayer pemegang Blackberry. Tulisan ini dikenal dengan autotext.

Sebenarnya sudah banyak yang membagikan tipsnya, tapi menurut saya sudah tidak relevan lagi. Pada tutorial yang saya dapatkan kebanyakan menggunakan file backup.zip. Selain tidak bekerja di gingerbread (custom autotext terlihat kosong), file backup.zip ini akan mengubah semua settingan yang sudah kita buat. Settingan SmartKeyboardPro kembali ke settingan file backup.zip. Sedangkan pada file autotext di bawah ini cukup mengubah autotextnya saja.
Tulisan alay aka autotext yang  saya maksud seperti gambar di samping.
Ok, bahan-bahannya:
- Smart Keyboard Pro versi 4.0.2 ke atas
- File autotext.csv. Download di sni
Saya tidak menyediakan link download Smart Keyboard Pro  karena ini program berbayar. Kalo mau cari gratisannya, search saja di google pake kata kunci:  smart keyboard pro 4.0.2 apk.
Kalo menemukan  versi lebih yang tinggi itu lebih bagus.

Install smartkeyboardpronya (saya gak perlu kan menjelaskan cara install file apk :) ). Masuk ke Setting >>Language and Keyboard. Ceklist pada bagian Smart Keyboard Pro.
Tap pada bagian Smart Keyboard Pro Settings >> Tap pada Text prediction. Ceklist pada bagian Show Suggestion.

Copy file autotext.csv ke sdcard/smartkeyboardpro/ di Android.
Kembali ke Smart Keyboard Pro Settings >> Tap pada Backup Settings >> Tap Import AutoText. Tunggu layar kembali normal.
Sekarang coba dilayar tempat mengetik Tap >> Tap pada Input Method >> Nanti muncul pop up pilihan keyboard, Pilih Smart Keyboard Pro.
 
Selesai.
Untuk melihat daftar autotextnya: Masuk ke Setting >>Language and Keyboard >> Smart Keyboard Pro Settings >> Tap pada Text prediction.  >> Tap pada Custom AutoText (di bagian ini kita juga bisa menambah autotext sendiri).
Cara menggunakan autotext: lihat pada Custom autoText, text apa saja yang bisa dijadikan autotext. Kata-kata itulah yang diketik pada layar. Misalnya kita ketik tulisan waka, maka di sebelahnya akan muncul karakter alaynya. Tinggal tap karakter alay tadi, maka akan muncul di layar.

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.